PEMASARAN
Pengertian
pasar
Pangertian
pasar secara umum sering di kenal sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli
untuk melakukan suatu transaksi jual beli barang dan jasa yang bertujuan untuk
dapat memenuhi kebutuhan. Sedangkan pengertian pasan secara konsep pemasaran
adalah kelompok individual (perorangan atau kelompok) yang mempunyai permintaan
terhadap barang dan jasa tertentu, daya beli, dan berniat merealisasikan
pembelian.
Menurut
William J. stanton (1993) pasar dapat di definisikan sebagai berikut:
“pasar adalah orang-orang yang
mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk belanja dan kemauan untuk
membelanjakanya”. Dari definisi tersebut terdapat tiga unsur penting di dalam
pasar yaitu:
· orang dengan segala keinginanya.
· daya beli mereka.
· kemauan untuk membelanjakan.
Pengertian
pemasaran
Beberapa definisi mengenai pemasaran
diantaranya:
- Menurut
Philip kloter pemasaran atau marketing adalah kegiatan manusia yang
diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan malalui proses
pertukaran.
- Menurut William
J. stanton pemasaran adalah keseluruhan sistem dari kegiatan usaha yang
ditunjukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan,
mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli
maupun pembeli potensial.
Pemasaran adalah sebuah kegiatan baik
secara individu maupun kelompok untuk mendistribusikan, menawarkan hasil
produksi kepada konsumen guna memenuhi kebutuhan (needs), keinginan (wants),
permintaan (demands) komsumen melalui proses pertukaran agar tercapainya tujuan
produsen.
Jenis-jenis
pasar barang :
1. Pasar persaingan sempurna
Adalah struktur pasar atau industri dimana
terdapat banyak penjual dan pembeli, setiap penjual dan pembeli tidak dapat
mempengaruhi keadaan pasar. Ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah:
· Jumlah penjual dan pembeli sangat banyak.
· Barang yang diperdagangkan serba sama.
· Masing-masing penjual hanya berperan sebagai
price taken (yang menetapkan harga).
· Konsumen memahami sepenuhnya keadaan pasar.
· Tidak ada hambatan untuk keluar masuk pasar
bagi penjual.
· Factor-faktor produksi bebas bergerak.
· Pemerintah tidak campur tangan dalam
pemetapan harga.
2. Pasar monopoli (milik pemerintah)
Adalah suatu bentuk intnteraksi antara
permintaan dan penawaran di mana hanya ada satu penjual yang berhadapan dengan
banyak pembeli. Ciri-ciri pasar monopoli (milik pemerintah) adalah:
· Harga ditentukan satu perusahaan.
· Tidak terdapat barang pengganti yang mirip
atau sama (clouse substitution).
· Tidak terdapat kemingkinan untuk masuk
kedalam industry.
· Penjual menguasai penentuan harga.
· Usaha mempromosikan melalui iklan kurang
diperlukan.
3. Pasar persaingan monopolistik
Adalah suatu bentuk interksi yang sama antara
permintaan dan penawaran dimana terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan
barang yang sama tetapi berbeda corak (model). Ciri-ciri pasar persaingan
monopolistik adalah:
· Terdapat banyak penjual yang berkecampung di
pasar.
· Barang yang dijual diferentiaten.
· Para penjual memiliki kekuatan monopoli atas
barang produknya sendiri oleh karna itu harus memperhitungkan persaingan dengan
barang-barang lain yang sama tetapi berbeda corak untuk memenangkan persaingan.
· Setiap penjual atau produsen aktif melakukan
produksi dan iklan.
· Keluar masuk pasar relatif lebih mudah
dibandingkan dengan pasar monopoli atau oligopoli. Keadaan pasar disini
mengndung unsure monopoli sekaligus unsur persaingan disebut pasar persaingan
monopoli.
4. Pasar oligopoli
Adalah suatu bentuk interaksi permintaan dan
penawaran dimana terdapat beberapa penjual atau produsen yang menguasai seluruh
permintaan pasar. Ciri-ciri pasar oligopoli adalah:
· Terdapat beberapa penjual atau produsen yang
menguasai pasar.
· Barang yang diperjual belikan dapat homogen
dapat pula berbeda corak (diferentiaten produk).
· Terdapat hambatan yang cukup kuat bagi
perusahaan yang berada di luar pasar untuk masuk kedalam pasar.
· Satu diantara para oligopolis merupakan rice
yaitu penjual yang memiliki pangsa pasar terbesar , memiliki kekuatan besar
untuk menetapkan harga dan para penjual yang lainya terpaksa mengikuti harga
tersebut.
Konsep Pemasaran
Konsep-konsep
inti pemasaran meliputi: kebutuhan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan
keputusan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita
dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah
suatu keadaan dirasakan ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalag
kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang
lebih mendalam. Sedangkan permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik
yang di dukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.
Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran berasal dari dua
kata yaitu manajemen dan pemasaran. Menurut kotler dan Armstrong pemasaran
adalah analisi, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari
program-program yang di rancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara
pertukaran yang menguntungkan dengan pembelian sasaran untuk mencapai tujuan
perusahaan. Sedangkan manajemen adalah proses perencanaan (planing),
perorganisasian (organizing) perggerakan (actuating) dan pengawasan.
Jadi dapat di artikan bahwa manajemen
pemasaran adalah sebagai analisi, perencanaan, penerapan, dan pengendalian
program yang di rancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan
pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai
tujuan-tujuan organisasi
Bauran pemasaran
Harga
harga
adalah faktor pertimbangan utama terhadap orang sejenis bagi sebagian besar
masyarakat Indonesia terutama mereka yang tergolong ke dalam golongan ekonomi
lemah.
Harga
dapat di pandang dari 2 sudut
1. Kalo di pandang dari sudut konsumen harga
memegang peranan penting terutama bila menyangkut sejumblah barang tertentu
yang mutu nya tidak beda jauh.
2. Kalo di pandang dari sudut prngusaha harga
berkaitan erat dengan ongkos produksi maupun target harga yang di harapkan.
Saluran distribusi
Saluran distribusi adalah saluran yang di
pakai produsen untuk menyalurkan barang hasil barang produksi nya terhadap
konsumen, baik sampai perpindahan hak sampai pemindahan barang maupun hanya
pemindahan hak kepemilikannya saja.
Promosi
Promosi
adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dapat mengarahkan organisasi
atau seseorang untuk menciptakan transaksi antara pembeli dan penjual. Promosi
merupakan kegiatan terakhir dari marketing mix.
Tujuan Pemasaran yaitu :
- Konsumen potensial mengetahui secara
detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua
permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.
- Perusahaan dapat menjelaskan secara
detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan
pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai
produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi
kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen
secara cepat.
- Mengenal dan memahami konsumen
sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan
sendirinya.
Mempelajari pemasaran dapat di pelajari dengan
berbagai pendekatan yaitu :
· Pendekatan
serba fungsi
Pendekatan serba
fungsi mempelajari pemasaran di lihat dari apa saja kegiatan pokok pemasaran di
lakukan.
· Pendekatan
serba lembaga
Pendekatan serba
lembaga mempelajari fungsi pemasaran di lihat dari segi organisai / lembaga
yang terlibat dalam kegiatan pemasaran.
· Pendekatan
serba barang
Pendekatan serba
barang adalah suatu pendekatan pemasaran yang melibatkan study tentang
bagaimana barang barang tersebut berpindah tangan dari tangan produsen ke
tangan konsumen akhir atau konsumen industry.
· Pendekatan
serba manajemen
Pendekatan serba
manajemen mempelajari pemasaran di lihat dari pendapat manajer dan keputusan
yang di ambil.
· Pendekatan
serba system
Pendekatan ini
menyangkut element element yang luas
dalam system pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen, produk dan
lembaga.
Sumber :
http://nettysadzali.blogspot.com/2010/10/pasar-dan-pemasaran.html
Budiarto, Teguh. 1993. Dasar pemasaran.
Gunadarma. Jakarta
Mardiyatmo. Suhadimanto, Amir.2007. Dinia
ekonomi. Ghalia indonesia. Jakarta
fitrian.staff.gunadarma.ac.id
elearning.gunadarma.ac.id
Biodata
Nama :
Elsa Denovia
NPM :
22211416
Kelas :
1EB25
Mata Kuliah :
Pengantar Bisnis
Universitas Gunadarma
0 komentar:
Posting Komentar