RSS

Pages

Selasa, 15 November 2011

Pemasaran


PEMASARAN

Pengertian pasar

Pangertian pasar secara umum sering di kenal sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan suatu transaksi jual beli barang dan jasa yang bertujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan. Sedangkan pengertian pasan secara konsep pemasaran adalah kelompok individual (perorangan atau kelompok) yang mempunyai permintaan terhadap barang dan jasa tertentu, daya beli, dan berniat merealisasikan pembelian.

Menurut William J. stanton (1993) pasar dapat di definisikan sebagai berikut:

“pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk belanja dan kemauan untuk membelanjakanya”. Dari definisi tersebut terdapat tiga unsur penting di dalam pasar yaitu:

·       orang dengan segala keinginanya.

·       daya beli mereka.

·       kemauan untuk membelanjakan.

Pengertian pemasaran

Beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya:

  1. Menurut Philip kloter pemasaran atau marketing adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan malalui proses pertukaran.
  2. Menurut William J. stanton pemasaran adalah keseluruhan sistem dari kegiatan usaha yang ditunjukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.

Pemasaran adalah sebuah kegiatan baik secara individu maupun kelompok untuk mendistribusikan, menawarkan hasil produksi kepada konsumen guna memenuhi kebutuhan (needs), keinginan (wants), permintaan (demands) komsumen melalui proses pertukaran agar tercapainya tujuan produsen.
Jenis-jenis pasar barang :

1. Pasar persaingan sempurna

Adalah struktur pasar atau industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, setiap penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan pasar. Ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah:

· Jumlah penjual dan pembeli sangat banyak.

· Barang yang diperdagangkan serba sama.

· Masing-masing penjual hanya berperan sebagai price taken (yang menetapkan harga).

· Konsumen memahami sepenuhnya keadaan pasar.

· Tidak ada hambatan untuk keluar masuk pasar bagi penjual.

· Factor-faktor produksi bebas bergerak.

· Pemerintah tidak campur tangan dalam pemetapan harga.

2. Pasar monopoli (milik pemerintah)

Adalah suatu bentuk intnteraksi antara permintaan dan penawaran di mana hanya ada satu penjual yang berhadapan dengan banyak pembeli. Ciri-ciri pasar monopoli (milik pemerintah) adalah:

· Harga ditentukan satu perusahaan.

· Tidak terdapat barang pengganti yang mirip atau sama (clouse substitution).

· Tidak terdapat kemingkinan untuk masuk kedalam industry.

· Penjual menguasai penentuan harga.

· Usaha mempromosikan melalui iklan kurang diperlukan.

3. Pasar persaingan monopolistik

Adalah suatu bentuk interksi yang sama antara permintaan dan penawaran dimana terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan barang yang sama tetapi berbeda corak (model). Ciri-ciri pasar persaingan monopolistik adalah:



· Terdapat banyak penjual yang berkecampung di pasar.

· Barang yang dijual diferentiaten.

· Para penjual memiliki kekuatan monopoli atas barang produknya sendiri oleh karna itu harus memperhitungkan persaingan dengan barang-barang lain yang sama tetapi berbeda corak untuk memenangkan persaingan.

· Setiap penjual atau produsen aktif melakukan produksi dan iklan.

· Keluar masuk pasar relatif lebih mudah dibandingkan dengan pasar monopoli atau oligopoli. Keadaan pasar disini mengndung unsure monopoli sekaligus unsur persaingan disebut pasar persaingan monopoli.

4. Pasar oligopoli

Adalah suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran dimana terdapat beberapa penjual atau produsen yang menguasai seluruh permintaan pasar. Ciri-ciri pasar oligopoli adalah:

· Terdapat beberapa penjual atau produsen yang menguasai pasar.

· Barang yang diperjual belikan dapat homogen dapat pula berbeda corak (diferentiaten produk).

· Terdapat hambatan yang cukup kuat bagi perusahaan yang berada di luar pasar untuk masuk kedalam pasar.

· Satu diantara para oligopolis merupakan rice yaitu penjual yang memiliki pangsa pasar terbesar , memiliki kekuatan besar untuk menetapkan harga dan para penjual yang lainya terpaksa mengikuti harga tersebut.

Konsep Pemasaran

Konsep-konsep inti pemasaran meliputi: kebutuhan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan keputusan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakan ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalag kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang di dukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.



Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran. Menurut kotler dan Armstrong pemasaran adalah analisi, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang di rancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembelian sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. Sedangkan manajemen adalah proses perencanaan (planing), perorganisasian (organizing) perggerakan (actuating) dan pengawasan.

Jadi dapat di artikan bahwa manajemen pemasaran adalah sebagai analisi, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang di rancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi

Bauran pemasaran

Harga

harga adalah faktor pertimbangan utama terhadap orang sejenis bagi sebagian besar masyarakat Indonesia terutama mereka yang tergolong ke dalam golongan ekonomi lemah.

            Harga dapat di pandang dari 2 sudut

1.     Kalo di pandang dari sudut konsumen harga memegang peranan penting terutama bila menyangkut sejumblah barang tertentu yang mutu nya tidak beda jauh.

2.     Kalo di pandang dari sudut prngusaha harga berkaitan erat dengan ongkos produksi maupun target harga yang di harapkan.

Saluran distribusi

            Saluran distribusi adalah saluran yang di pakai produsen untuk menyalurkan barang hasil barang produksi nya terhadap konsumen, baik sampai perpindahan hak sampai pemindahan barang maupun hanya pemindahan hak kepemilikannya saja.

Promosi

            Promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dapat mengarahkan organisasi atau seseorang untuk menciptakan transaksi antara pembeli dan penjual. Promosi merupakan kegiatan terakhir dari marketing mix.



Tujuan Pemasaran yaitu :

  1. Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.
  2. Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.
  3. Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.

Mempelajari pemasaran dapat di pelajari dengan berbagai pendekatan yaitu :

·       Pendekatan serba fungsi

Pendekatan serba fungsi mempelajari pemasaran di lihat dari apa saja kegiatan pokok pemasaran di lakukan.

·       Pendekatan serba lembaga

Pendekatan serba lembaga mempelajari fungsi pemasaran di lihat dari segi organisai / lembaga yang terlibat dalam kegiatan pemasaran.

·       Pendekatan serba barang

Pendekatan serba barang adalah suatu pendekatan pemasaran yang melibatkan study tentang bagaimana barang barang tersebut berpindah tangan dari tangan produsen ke tangan konsumen akhir atau konsumen industry.

·       Pendekatan serba manajemen

Pendekatan serba manajemen mempelajari pemasaran di lihat dari pendapat manajer dan keputusan yang di ambil.

·       Pendekatan serba system

Pendekatan ini menyangkut  element element yang luas dalam system pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen, produk dan lembaga.



Sumber :

http://nettysadzali.blogspot.com/2010/10/pasar-dan-pemasaran.html

Budiarto, Teguh. 1993. Dasar pemasaran. Gunadarma. Jakarta

Mardiyatmo. Suhadimanto, Amir.2007. Dinia ekonomi. Ghalia indonesia. Jakarta

fitrian.staff.gunadarma.ac.id

elearning.gunadarma.ac.id



Biodata

Nama              : Elsa Denovia

NPM                : 22211416

Kelas               : 1EB25

Mata Kuliah    : Pengantar Bisnis

Universitas Gunadarma


0 komentar:

Posting Komentar